cara menyembuhkan batuk pada anak
Kesehatan

Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak yang Baik dan Benar  

Ada banyak sekali cara menyembuhkan batuk pada anak. Namun perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua kondisi batuk bisa disembuhkan begitu saja di rumah. Beberapa kondisi mewajibkan Anda untuk membawa si kecil ke dokter.

Untuk menyembuhkan pada batuk pada si kecil, Anda harus mengenalnya terlebih dahulu jenis batuk tersebut. Jika batuknya ringan, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Memberikan Waktu Istirahat yang Cukup

Saat anak terserang batuk, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memenuhi kebutuhan istirahatnya secara optimal. Salah satunya yaitu dengan cara mengajak si kecil untuk tidur siang. Pasalnya, penyakit batuk bisa diatasi dengan cara  istirahat yang cukup. Terutama jika anak-anak mengalami batuk yang disertai dengan kondisi demam dan pilek.

Jika si kecil mengalami batuk yang disertai dengan pilek dan demam, setidaknya mereka membutuhkan istirahat penuh 2 hingga 3 hari. Itu artinya, istirahat yang cukup adalah kunci untuk menyembuhkan batuk.

cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak
  1.     Menggunakan Obat Batuk Khusus Untuk Anak-Anak

Selain istirahat yang cukup, beri juga si kecil obat batuk yang khusus untuk anak-anak. Saat ini ada banyak produk obat batuk yang ada di pasaran. Sebaiknya hindari penggunaan obat batuk untuk orang dewasa dan sesuaikan dengan usia si kecil.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsultasikan obat batuk dengan dokter. Karena dokter akan menyesuaikan jenis obatnya, begitu juga dengan dosis yang tepat untuk si kecil.

Untuk obat batuknya sendiri, Anda bisa membelinya melalui apotek atau apotik khusus yang ditunjuk oleh dokter terkait.

  1.     Penuhi Asupan Cairan Untuk Anak

Saat batuk si kecil juga memerlukan cairan yang cukup. Cairan yang kami maksud di sini adalah air putih. Asupan air putih yang banyak akan membantu meredakan batuk. Hal tersebut karena air putih adalah cairan yang bermanfaat untuk merawat anak Anda dari kondisi batuk yang sedang mereka alami.

Jika si kecil masih diberi ASI (Air Susu Ibu) maka beri juga mereka ASI yang cukup. ASI dan cairan seperti air putih akan membantu menjaga mereka agar tidak dehidrasi. Air putih dan ASI adalah dua cairan terbaik untuk anak-anak yang sedang terserang batuk.

  1.     Hindari Makanan yang Menyebabkan Batuk

Ada banyak makanan yang bisa menyebabkan batuk. Contohnya seperti makanan-makanan yang digoreng, makanan manis. Selain makanan juga ada beberapa jenis minuman seperti minuman dingin, dan manis. Hindari semua makanan-makanan dan minuman tersebut agar batuk anak bisa cepat reda.

  1.     Menjauhkan Si Kecil dari Pemicu Alergi

Beberapa pemicu alergi terbukti bisa menyebabkan batuk. Contohnya seperti alergi dari bulu hewan peliharaan, dan debu. Pastikan Anda menghindari pemicu batuk tersebut agar si kecil bisa cepat sembuh.

Pemicu alergi atau alergen wajib dihindari karena dapat membantu si kecil untuk cepat sembuh dari batuk yang menyerangnya.

  1.     Pastikan Posisi Tidur Si Kecil Nyaman

Selain istirahat yang cukup, pastikan juga si kecil memiliki posisi tidur yang nyaman. Contoh posisi tidur yang nyaman untuk anak adalah posisi kepala yang agak sedikit diangkat. Posisi tersebut sangat ideal untuk anak-anak yang sedang batuk.

Hindari juga posisi tidur yang terlentang. Gunakanlah beberapa banta agar posisi tidur si kecil menjadi lebih nyaman dan terangkat.

Itulah beberapa cara menyembuhkan batuk pada anak. Bagaimana, cukup mudah bukan? Akan tetapi, jika batuk sudah lebih dari 3 hari belum reda, sebaiknya segera periksa ke dokter. Untuk informasi kesehatan dan dunia parenting yang lebih lengkap silahkan Anda akses situs Nutricia Profesional.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *