desain ruang tamu elegan
bisnis

Desain Ruang Tamu Elegan Dengan Sentuhan Retro

Ruang tamu merupakan bagian dari rumah yang banyak  orang juga menyebutnya sebagai ruang utama. Selain karena letak ruangan tamu yang biasanya berada dekat dengan pintu utama tempat keluar masuk menuju rumah, ruang tamu juga menjadi ruangan yang pertama kali dilihat saat orang berkunjung atau bersilaturahmi ke rumah. Oleh karena itu, tidak jarang pemilik rumah akan mendekorasi ruang tamunya dengan sedemikian rupa agar dapat membuat siapapun yang berkunjung merasakan kenyamanan.

Jika Anda menyukai hal-hal yang unik, desain ruang tamu elegan dengan sentuhan nuansa retro bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan pada interior ruang tamu di rumah Anda. Meskipun retro, bukan berarti desain jenis ini terlihat “jadul” atau ketinggalan jaman ya! Justru desain ruang tamu retro ini dapat menghadirkan sesuatu yang berbeda dari yang lain namun tetap tidak menghilangkan kesan elegan dan kemewahannya.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain ruang tamu elegan dengan sentuhan retro yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuat ruang tamu yang unik, klasik namun tetap kekinian.

desain ruang tamu elegan
desain ruang tamu elegan

Pilih Warna Cerah

Untuk membuat ruang tamu bergaya retro yang pertama adalah pemilihan warna. Salah satu ciri khas dari gaya retro adalah penggunaan warna-warna yang cerah dan mencolok. Untuk itu, Anda dapat menggunakan cat dinding berwarna terang atau tajam, seperti oranye, merah ceri, kuning mentega, pink dan lain lain. Anda juga bisa menempelkan lukisan besar pada dinding ruang tamu atau bagi Anda yang menyukai musik bisa juga menambahkan gambar musisi klasik favorit Anda sebagai pemanis.

Pemilihan Gorden

Pada saat ini, peran gorden tidak hanya sebatas menjaga privasi namun juga dapat menambah tampilan interior rumah.  Sebagai penambah nilai estetika untuk desain ruang tamu bergaya retro, pemilihan gaya gorden yang unik ini juga harus tepat. Beberapa model yang bisa Anda pilih untuk diaplikasikan pada ruang tamu retro antara lain; gorden motif spiral, gorden motif floral, sheer curtain, gorden motif chevron dan masih banyak lainnya.

Furniture Berbahan Dasar Kayu

Selanjutnya, hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruang tamu bergaya retro adalah dengan memilih beberapa furniture berbahan dasar kayu. Dengan menggunakan berbagai furniture berbahan dasar kayu, hal tersebut akan dapat menambah kesan retro dan klasik semakin terasa pada ruang tamu rumah Anda. Beberapa furniture berbahan dasar kayu untuk ruang tamu yang bisa Anda pilih adalah kursi, meja, lantai kayu atau parket hingga bufet.

Lampu Utama Bergaya Retro

Lampu utama pada ruang tamu juga akan dapat berkontribusi memberikan kesan retro jika dipilih dengan tepat. Biasanya lampu bergaya retro ini berukuran besar dengan material kaca yang estetik. Anda dapat meletakkannya pada plafon persis di tengah-tengah ruangan agar menjadi center dari ruang tamu.

Penggunaan Karpet

Untuk ruang tamu bergaya retro, hal yang jangan sampai diabaikan adalah pemilihan karpet. Anda dapat memilih Karpet bermotif cerah, rug Persia, atau bahkan karpet yang memiliki motif bunga. Karpet dengan pola yang unik seperti halnya karpet bermotif bunga dapat menambah kesan klasik pada ruang tamu rumah anda.

Itulah beberapa referensi desain ruang tamu elegan dari master rumah dengan sentuhan retro yang dapat diaplikasikan pada ruang tamu rumah Anda. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam membuat ruang tamu bergaya retro yang unik serta nyaman.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *