stimulasi perkembangan
Kesehatan

Apakah Stimulasi Sangat Dibutuhkan untuk Si Buah Hati?

Ketika Buah Hati Bunda semakin banyak mempunyai sambungan atau koneksi yang terbentuk pada otaknya Maka juga akan semakin besar kemungkinan Si Kecil untuk mencapai tingkat kecerdasan otak yang yang optimal. Maka dari itu, Buah Hati Bunda memerlukan stimulasi perkembangan untuk membentuk berbagai macam koneksi tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa pertumbuhan otak akan sangat penting untuk perkembangan emosional, kognitif, dan fisik dari seorang anak.

Dalam suatu buku disebutkan bahwa ketika lahir Buah Hati Bunda mempunyai berat otak sekitar hanya 25% dari berat akhirnya ketika ia periode dewasa nantinya. Ternyata otak orang dewasa beratnya berkisar antara 1,3-1,4 gram. Ketika seorang manusia mencapai usia 1 tahun maka 70% dari berat akhir tersebut telah tercapai dan hampir 90% nya akan tercapai ketika ia berusia 3 tahun. Dengan itu disimpulkan bahwa ketika ia beranjak pada usia 6 tahun maka ukuran otak Si Kecil akan hampir sebesar otak orang dewasa.

stimulasi perkembangan
stimulasi perkembangan

Ucap seorang pakar psikologi bahwa perkembangan anak pada dasarnya mencakup kemampuan sensori motorik kognisi dan sosial emosi. Tanpa adanya stimulasi atau berbagai sambungan antar sel saraf pusat maka otak tidak akan terbentuk bahkan juga bisa mengalami penyusutan. 

Setelah melihat betapa pentingnya stimulasi maka Bunda sangat perlu untuk mengusahakan rajin memberi stimulasi perkembangan sesuai usia Buah Hati Bunda. Tentu saja sangat penting menyesuaikan usia karena mengingat setiap tahapannya akan menampilkan berbagai ciri perkembangan yang berbeda. 

Salah satu karakter khusus dari kemampuan bahasa dan sosial emosi yang perlu diasah adalah berkembangnya konsep diri. Perlahan pemahaman Si Kecil mengenai kehidupan akan berkembang. Ketika anak mengetahui akan diri dan identitasnya maka saat itulah dia merasa keberadaannya diakui merasa dirinya mampu melakukan apa saja ingin mencoba segala hal tetapi di sisi lain ia masih ingin disayang dan dibantu oleh orangtuanya.

Sehingga peran orang tua akan sangat penting terutama ketika memberi berbagai stimulasi serta menyediakan lingkungan yang kondusif supaya Si Kecil bisa mengembangkan konsep diri yang yang bersifat positif dan optimal.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *