cara mengatasi gatal alergi
Kesehatan

Cara Mengatasi Gatal Alergi Akibat Ruam Popok

Melihat kulit bayi memerah karena gatal tentu membuat semua ibu akan merasa sedih dan khawatir. Selain terlihat memerah bayi pun akan merasa tidak nyaman sehingga membuatnya rewel dan mudah menangis. Gatal akibat alergi popok ini sering terjadi pada hampir semua bayi. Hal ini dikarenakan mereka masih memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif. Jika bayi Anda mengalami alergi popok maka sebaiknya segera cari tahu cara mengatasi gatal alergi tersebut. Dengan demikian, si Kecil pun akan merasa nyaman menggunakan popok.

Tips Untuk Mengatasi Gatal Alergi Popok

Alergi merupakan hal yang umum dialami oleh bayi karena sistem pertahanan tubuh mereka masih dalam perkembangan. Lakukan beberapa tips berikut untuk meredakan gatal pada si Kecil akibat alergi pokok.

Menjaga Kebersihan Tangan

Alergi dan kebersihan memiliki hubungan cukup erat. Pastikan Anda selalu mencuci tangan sebelum menyentuh si Kecil agar debu atau kotoran yang menempel di kulit Anda tidak mengenai si Kecil. Kegiatan mencuci tangan juga wajib Anda lakukan sebelum memasang popok atau setelah menggantinya. Kandungan sabut dapat membunuh kuman-kuman yang dapat menyebabkan gatal.

cara mengatasi gatal alergi
cara mengatasi gatal alergi

Periksa Pokok Secara Berkala

Kondisi popok yang lembab dapat membuat kulit si Kecil lebih mudah iritasi. Iritasi tersebut di karena jamur atau bakteri dari pipis atau kotoran lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa popok si Kecil secara berkala. Jika sudah penuh dengan pipis maka sebaiknya segera ganti untuk menjaga kebersihan serta kenyamanan si Kecil.

Bilas Menggunakan Air Bersih

Ruam dan gatal pada area pantat si Kecil bisa disebabkan karena kulit tersebut karena sisa air kencing yang menempel di kulit. Oleh sebab itu, ketika Anda mengganti popok maka bersihkan area tersebut menggunakan lap basah hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan tissue basah yang tidak mengandung pewangi dan alkohol untuk membersihkannya. 

Setelah dibersihkan jangan langsung diberikan popok lagi. Keringkan terlebih dahulu menggunakan handuk dengan menepuk nepuk secara perlahan. Jika kondisi kulit sudah kering maka Anda bisa memasangkan popok yang baru untuk si Kecil.

Jangan Menggunakan Produk Berpewangi atau Beralkohol

Pewangi mengandung zat-zat kimia yang dapat membuat kulit bayi menjadi sensitif. Oleh sebab itu, pastikan ketika memilih produk kebersihan untuk bayi Anda memilih yang bebas dari pewangi. Tak hanya itu, Anda juga perlu memastikan lagi produk tersebut juga tidak mengandung alkohol. Kandungan alkohol dapat menyebabkan kulit kering atau permasalahan kulit lainnya.

Bebaskan Dari Popok Untuk Sementara Waktu

Jika kondisi ruam dan gatal cukup para maka sebaiknya Anda menghentikan penggunaan pokok sementara waktu. Area kulit yang tertutup popok tidak dapat bernafas dengan baik sehingga mengakibatkan rasa gatal dan ruam. Dengan membiarkan area tersebut mendapatkan sirkulasi udara yang baik maka hal ini akan membantu mengurangi rasa gatal dan mempercepat penyembuhan alergi tersebut.

Menggunakan Krim atau Salep

Jika rasa tidak nyaman tersebut sangat mengganggu maka Anda bisa mengobatinya menggunakan salep atau krim. Telah banyak tersedia krim-krim untuk mengatasi masalah gatal dan ruam popok. Krim tersebut telah disesuaikan untuk bayi sehingga kandungan terdapat di dalam akan aman untuk bayi.

Demikian enam cara mengatasi gatal alergi popok pada bayi yang dapat kami sampaikan. Mengingat allergen juga dapat berasal dari lingkungan sekitar maka pastikan Anda untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu, asupan makanan yang bergizi juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Karena itu, penting juga melengkapinya dengan Nutricia. Jika Anda sudah mencoba semua tips di ini namun gatal si Kecil tak kunjung reda maka segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan terbaik.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *