input ASI
Kesehatan

Jangka Waktu Input ASI Ideal Untuk Anak

ASI adalah makanan utama bayi yang baru lahir. Minimum input ASI yaitu selama 6 bulan. Meski begitu, bunda masih bisa meneruskannya hingga usia si kecil 2 tahun. Kenapa demikian? Pasalnya, semakin optimal pemberian ASI untuk si kecil, semakin bagus untuk kesehatan dan juga tumbuh kembangnya.

ASI sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Itulah salah satu alasan kenapa pemberian ASI harus sampai batas maksimal.

Mengenal Apa Itu ASI Eksklusif

ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa adanya tambahan minuman dan makanan lain. Pemberian ASI eksklusif mulai dari 0 hingga 6 bulan. Kenapa tidak perlu ada tambahan makanan dan minuman lain? Pasalnya kandungan nutrisi di dalam ASI eksklusif sudah begitu lengkap untuk kebutuhan si kecil.

Jangka waktu ideal pemberian ASI eksklusif ini juga sudah didukung oleh sejumlah penelitian di dunia kesehatan. Bahkan pemberian ASI ini juga sudah sesuai dengan standar WHO yang memberi panduan ASI eksklusif untuk setiap ibu yang baru melahirkan.

Kandungan ASI pertama sangat luar biasa. Kandungannya benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan bayi baru lahir. Selain itu, ASI juga kaya akan sari makanan dan juga merupakan jenis makanan higienis pada usia pertama kali kelahiran si kecil.

Manfaat ASI Untuk Bayi dan Ibu Menyusui

input ASI
input ASI

Tidak perlu diragukan lagi bahwa ASI memiliki segudang manfaat untuk bayi. Berikut kami sudah merangkum apa saja manfaat-manfaatnya agar bunda bisa mengetahuinya secara detail:

  • Bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.
  • Bagus untuk meningkatkan kecerdasan si kecil.
  • Mampu mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Mampu membuat si kecil tenang dan tidak mudah gelisah.
  • Mengurangi alergi pada anak.
  • Bagus untuk kesehatan pencernaan anak.
  • Menjaga berat badan ideal pada anak-anak.
  • Kaya akan nutrisi penting yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.
  • Mencegah resiko kanker payudara pada ibu menyusui.

Tips Mengoptimalkan Pemberian ASI

Jangan sampai si kecil kehilangan kesempatan untuk mendapatkan asupan ASI yang cukup dari ibunya. Untuk membantu Anda mengoptimalkannya, berikut telah kami coba rangkum beberapa tipsnya di bawah ini:

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Kualitas dan kuantitas ASI tergantung dari makanan dan minuman yang bunda konsumsi. Makanan bergizi dapat membantu bunda untuk memproduksi ASI yang nantinya bisa diberikan kepada si kecil. Pilihlah makanan yang bagus untuk ASI.

  1. Beri Pendukung ASI Jika Sudah Waktunya

Sebelum waktunya, sebaiknya bunda jangan dulu memberi makanan pelengkap ASI atau MPASI, maupun produk susu. Batas waktunya yaitu hingga 6 bulan. Karena pada waktu tersebut, bunda sedang fokus pada ASI eksklusif. Setelah itu baru bisa memilih beberapa MPASI dan produk susu terbaik sebagai pendukungnya.

  1. Menyiapkan Stok Susu

Khusus untuk bunda yang memiliki kesibukan padat, agar bisa tetap memenuhi kebutuhan ASI, sebaiknya bunda siapkan stok yang cukup. Dengan begitu, bunda tidak perlu mengganti ASI dengan produk susu, terutama pada awal melahirkan. Pastikan stok susunya cukup agar kebutuhan ASI anak terpenuhi.

  1. Pompa ASI Jika Diperlukan

Jika diperlukan, bunda bisa memompa ASI secara rutin. Saat ini cukup banyak jenis pompa yang bisa digunakan. Bahkan bunda bisa memompanya secara manual. Silahkan pilih metode pompa sesuai dengan kenyamanan sendiri.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait input ASI. Semua penjelasan di atas sedikit banyaknya dapat menambah pengetahuan bunda terkait pentingnya ASI untuk si kecil. Begitu juga dengan manfaat-manfaat ASI yang mungkin selama ini masih kurang dikenali oleh sebagian orang.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *