gerakan tutup mulut bayi
Kesehatan

Pentingnya Mengatasi Gerakan Tutup Mulut Bayi Saat Pemberian MPASI

Pertumbuhan anak berlangsung begitu cepat, sehingga penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Ketika anak memasuki usia 6 bulan ke atas, maka sudah diperbolehkan untuk diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Dalam proses pemberian MPASI sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap dan disesuaikan dengan usia anak.

Penting bagi bunda untuk mengetahui proses pemberian MPASI yang baik. Tidak jarang si kecil bisa mengalami gerakan tutup mulut bayi karena pemberian MPASI yang kurang tepat. Untuk itu, bunda harus aktif dalam memberikan si kecil asupan nutrisi yang cukup melalui MPASI.

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa MPASI memiliki manfaat yang penting untuk mencukupi kebutuhan gizi anak seiring perkembangan usianya. Pemberian MPASI yang baik mampu untuk mencegah adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pemberian MPASI sendiri dimulai dengan mengenalkan si kecil makanan bertekstur, tentunya ini bukanlah proses yang mudah. Salah satu masalah yang mungkin sering ditemui ketika bunda mengenalkan tekstur makanan untuk si kecil adalah gerakan tutup mulut atau biasa disebut GTM.

gerakan tutup mulut bayi
gerakan tutup mulut bayi

Penting bagi bunda mengetahui alasan anak melakukan gerakan tutup mulut bayi selama pemberian MPASI. Alasan utama mengapa si kecil sering melakukan gerakan tutup mulut pada saat makan adalah pemberian makanan yang tidak sesuai dengan usianya.

Pemberian makan khususnya MPASI yang tepat tidak hanya melalui proses pemberian makannya saja. Namun bunda juga perlu untuk memperhatikan kondisi lainnya, seperti waktu pemberian makan, jumlah makanan yang dikonsumsi, kualitas makanan, dan penyajian makanannya. Penting sekali untuk menyesuaikannya dengan tahap perkembangan anak.

Untuk membuat si kecil merasa nyaman mengonsumsi makanan yang telah disiapkan, bunda perlu memperhatikan tekstur dan jumlah makanan tersebut. Bunda bisa mencari tahu resep MPASI yang sesuai dengan tahapan perkembangan si kecil agar terhindar dari gerakan tutup mulut bayi. Anak di usia 6-8 bulan baru mengenal tekstur baru, sebaiknya bunda memberikan makanan berupa puree atau bubur saring.

Bunda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si  kecil melalui pemberian bubur MPASI CERELAC Bubur Sereal untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Bunda juga bisa memberikan si kecil camilan yang bernutrisi seperti CERELAC Nutripuffs.

Camilan sehat yang dibuat dari bahan pilihan, dengan proses pembuatan yang dipanggang bukan digoreng.  CERELAC Nutripuffs mudah meleleh di mulut, mudah dipegang, dan mengandung banyak Vitamin serta Mineral. Lengkapi kebutuhan gizi si kecil dengan camilan sehat CERELAC Nutripuffs.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *