tumbuh kembang anak
Gaya Hidup Sehat,Kesehatan

Tumbuh Kembang Anak Sering Mengalami Gangguan Ini

Pertumbuhan dan perkembangan anak terkait dengan peningkatan berat dan tinggi badannya, juga bertambahnya keterampilan yang dimiliki. Namun, pada beberapa kondisi tertentu, tumbuh kembang anak ini mengalami hambatan, sehingga tidak dapat sesuai dengan tahapan yang seharusnya. Oleh sebab itu, orang tua perlu mewaspadai gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang mungkin terjadi seperti di bawah ini.

1. Keterlambatan Dalam Berjalan

Anak yang menginjak usia delapan bulan, umumnya sudah mulai belajar berjalan. Dengan bantuan orang tua, anak dapat mulai mencoba melangkahkan kakinya. Namun, terkadang ada anak yang terlihat enggan belajar berjalan. Kondisi ini harus diwaspadai jika hingga memasuki usia 18 bulan, ia masih belum bisa berjalan.

tumbuh kembang anak
Tumbuh kembang anak

Apabila ini terjadi, orang tua sebaiknya segera memberikan stimulasi agar anak mau segera belajar berjalan. Tak ada salahnya juga berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan jika ada kondisi kesehatan yang menyebabkannya. Dengan waspada terhadap tumbuh kembang anak ini, orang tua dapat memberikan antisipasi dini terhadap gangguan kesehatan yang mungkin terjadi.

2. Anak Terlambat Berbicara

Ada beberapa kondisi yang membuat anak mengalami keterlambatan dalam berbicara. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang memberikan rangsangan kepadanya untuk berbicara. Beberapa hal yang bisa menyebabkan keterlambatan berbicara ini adalah kebiasaan berlebihan dalam menonton televisi atau mengoperasikan gadget.

Orang tua perlu segera menyadari hal ini dan memberikan stimulasi. Salah satu caranya adalah terus mengajaknya berbicara dan mendorongnya untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Selain itu, dapat juga dengan mengajak anak menyanyikan lagu kesukaannya, sehingga ia terangsang untuk mengucapkan kata-kata. Namun, pada kondisi tertentu, ada baiknya melakukan terapi wicara dengan dipandu oleh terapis yang ahli.

3. Pertumbuhan badan Kurang Optimal

Ada beberapa anak yang mengalami hambatan dalam pertumbuhan fisiknya. Misalnya saja, terlalu kurus atau tubuhnya sulit bertambah tinggi. Penyebabnya beragam, yaitu gangguan genetik, sistemik, maupun terjadinya malnutrisi. Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua memperhatikan asupan nutrisi anak. Lengkapi gizinya dengan menambahkan konsumsi susu untuk pertumbuhan sesuai usianya.

Demikianlah beberapa gangguan yang sering terjadi pada tumbuh kembang anak. Memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting dilakukan agar segera dapat mengatasinya jika ditemukan gangguan. Memberikan stimulasi tepat dan gizi seimbang juga dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *