perhiasan tradisional
Uncategorized

Daya Tarik Perhiasan Tradisional di Era Modern

Tidak semua hal yang berbau tradisional ketinggalan zaman. Di era modern, bahkan karya seni tradisional bisa bernilai tinggi. Contohnya seperti perhiasan tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini. Bahkan, model perhiasan khas tanah air menjadi referensi bagi perhiasan luar negeri. Buktinya, model tradisional kini semakin populer digunakan untuk beberapa jenis perhiasan.

Ada banyak keunggulan perhiasan tradisional yang jarang diketahui. Nah, berikut akan kami jelaskan apa saja kelebihan-kelebihannya:

1. Desainnya Unik

Alih-alih ketinggalan zaman, desain perhiasan jenis tradisional dianggap memiliki cirri khas tersendiri. Keunikannya inilah yang menjadi nilai lebih dibandingkan dengan desain-desain kekinian. Hal tersebut juga yang menjadi alasan kenapa desain tradisional kini banyak dijadikan inspirasi model perhiasan kekinian.

perhiasan tradisional
perhiasan tradisional

2. Masih Digunakan di Momen-Momen Penting

Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis perhiasan yang berbeda-beda. Perhiasan jenis tradisional, biasanya hanya digunakan pada acara-acara khusus. Banyak juga digunakan pada momen pernikahan.

Pasangan yang memutuskan menggunakan menggunakan konsep tradisional, biasanya akan menggunakan perhiasan khusus menurut daerah masing-masing.

3. Kualitas Terjamin

Perhiasan jenis tradisional juga terbuat dari material emas asli. Namun, kebanyakan menggunakan jenis emas kuning saja. Tidak ada satu pun perhiasan jenis tradisional yang dibuat dari material emas lain. Meski begitu, kualitasnya bagus dan berkualitas. Bahkan, ada juga yang menggunakan berlian asli.

Cara Membedakan Perhiasan Tradisional dan Modern

Pada dasarnya sangat mudah sekali membedakan mana perhiasan jenis tradisional dan perhiasan modern. Agar tidak salah memilih, silahkan intip penjelasan lengkap yang telah kami rangkum berikut ini:

1. Perbedaan dari Jenis Material dan Warna

Seperti yang telah kami singgung di atas, materialĀ  perhiasan jenis tradisional hanya menggunakan jenis emas berwarna kuning saja. Berbeda dengan perhiasan modern yang memiliki banyak jenis material.

Material perhiasan modern biasanya jenis emas putih, platinum, juga material emas kuning. Kita dapat dengan mudah membedakannya dari jenis emas biasa hanya dari material saja.

2. Perbedaan Dari Segi Desain

Desain tradisional memiliki ciri khas khusus Berbeda dengan desain perhiasan biasa. Ciri tradisional sangat kental sekali di dalam sebuah perhiasan. Terkait jenis desain, biasanya masing-masing daerah memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain.

Desain menjadi hal yang mencolok untuk membedakan mana perhasian jenis tradisional, dan mana yang bukan.

3. Perbedaan dari Segi Bentuk

Umumnnya, perhiasan yang ada di pasaran seperti gelang, cincin, kalung, dan giwang. Biasanya, perhiasan tradisional memiliki bentuk unik dan berbeda. Salah satunya seperti kembang goyang. Perhiasan kembang goyang umumnya digunakan pada acara-acara tertentu saja.

Begitu juga dengan beberapa bentuk yang lain, misalnya seperti kalung berukuran besar yang biasa digunakan pada pernikahan adat Jawa. Namun, ada juga yang berbentuk biasa dengan bentuk yang tidak jauh berbeda dengan jenis perhiasan modern.

4. Perbedaan Dari Segi Penggunaan

Semua perhiasan umumnya bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Namun, tidak demikian halnya dengan perhiasan jenis tradisional. Ada beberapa perhiasan khas tradisional yang hanya digunakan pada acara-acara spesial saja.

Salah satu contohnya adalah jenis perhiasan kembang goyang. Perhiasan tersebut hanya digunakan untuk acara-acara adat atau pesta pernikahan yang menggunakan adat khas Jawa saja. Artinya, tidak bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Itulah berbagai informasi penting seputar perhiasan tradisional. Bagi Anda yang membeli perhiasan modern dengan desain unik yang khas, kini Anda bisa menemukannya di The Palace. Semua produk perhiasan di sana tergolong berkualitas dan juga terbuat dari material emas dan berlian asli berkualtias jempolan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *