pinjaman dana jaminan bpkb mobil
Uncategorized

Beberapa Hal Sebelum Mengajukan Pinjaman

Bagi usaha kecil, modal merupakan hal yang sangat penting karena membantu berkembangnya usaha tersebut. Dalam memenuhi kebutuhan modal, banyak pengusaha kecil yang memilih untuk mengajukan pinjaman dana jaminan bpkb mobil.

Produk pinjaman ini dipilih karena memiliki plafon yang cukup tinggi namun resikonya lebih rendah dibandingkan jaminan sertifikat. Selain itu, mobil yang dijaminkan juga masih bisa digunakan untuk berbisnis. Meski begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengajukan pinjaman.

Apa saja pertimbangannya? Berikut diantaranya:

 

pinjaman dana jaminan bpkb mobil
Pinjaman dana jaminan bpkb mobil

source : https://cdn-image.bisnis.com/posts/2014/07/18/244438/bfi-finance.jpg

Suku Bunga Rendah

Pada umumnya, pembiayaan modal usaha memberikan persyaratan kepada peminjam untuk melampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan serta laporan keuangan perusahaan. Hal tersebut mungkin mudah bagi usaha besar, namun usaha kecil yang baru dirintis akan kesulitan. Padahal usaha kecil sangat membutuhkan modal untuk berkembang.

Oleh sebab itu, banyak usaha kecil yang memilih untuk meminjam dana tunai dengan memberikan jaminan seperti BPKB mobil. Salah satu keuntungan dari pinjaman dengan jaminan adalah suku bunganya yang lebih rendah dibandingkan KTA. Namun hal tersebut bisa berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Jadi pastikan untuk memilih perusahaan dengan bunga rendah di bawah 10%. Jika bunga rendah maka cicilan juga rendah sehingga usaha bisa berjalan dengan dana yang lebih besar.

Besar Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda wajib menghitung perkiraan modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha. Akan lebih baik jika Anda membuat proyeksi arus berkalanya. Sebab, proyeksi arus berkala dapat membantu Anda mengetahui dengan pasti berapa besar dana yang dibutuhkan serta kemampuan untuk mengembalikan pinjaman.

Karena Anda menggunakan mobil sebagai jaminan maka limit pinjaman ditentukan dari harga mobil yang dipinjamkan. Jadi pastikan bahwa besar pinjaman tidak melebihi harga mobil yang Anda jadikan jaminan. Anda bisa memperkirakan berapa harga dari mobil tersebut kemudian ambil 85% dari harga sebagai prediksi besar limit pinjaman yang boleh diambil.

Tenor

Setelah menentukan besar pinjaman, selanjutnya Anda harus menentukan tenor atau jangka waktu angsuran. Penetapan tenor ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan membayar cicilan nantinya. Jadi ambil tenor yang tidak akan membebani finansial usaha Anda. Tenor pinjaman yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan biasanya mulai dari 12 bulan hingga 48 bulan. Ketika Anda mampu menetapkan tenor dengan baik maka kredit tidak akan macet.

Syarat dan Ketentuan

Pinjaman dana jaminan BPKB mobil biasanya tidak melalui proses BI Checking sehingga pencairannya lebih cepat dibandingkan dengan KTA atau bank. Namun bukan berarti semua pengajuan pinjaman yang Anda ajukan bisa diterima. Karena tidak ada BI Checking, maka syarat dan ketentuan sangat mempengaruhi pengajuan Anda. Perhatikan dengan baik syarat dan ketentuan yang diberikan, terutama syarat dan ketentuan dari jaminan mobil. Jika syarat dan ketentuan terpenuhi maka kemungkinan besar pinjaman Anda diterima.

Pilih Perusahaan yang Tepat

Tidak semua perusahaan pembiayaan memberikan kemudahan yang sama sehingga Anda harus memilih perusahaan yang tepat jika ingin mengajukan pinjaman dana. Pilih perusahaan dengan suku bunga rendah, proses cepat, dan mudah diakses. BFI Finance menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan bunga flat rendah 0.9%, proses pencairan hanya 2 hari kerja, dan bisa diajukan secara online.

Itulah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman untuk modal usaha kecil. Jika sudah yakin ingin memilih produk pinjaman dana jaminan BPKB mobil dari BFI Finance, Anda bisa langsung mengajukan secara online.

Caranya yaitu dengan masuk ke website resminya di www.bfi.co.id, kemudian pilih produk yang diinginkan dan isi formulir lengkap. Ayo tunggu apa lagi, segera ajukan pinjaman di BFI agar usaha Anda semakin maju.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *